Ada berbagai kendala pengoperasian yang telah membuat. Service Mesin Cuci Apartemen, akhirnya dicari. Sebaiknya segera atasi permasalahan mesin cuci Anda sedini mungkin untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Bila mengabaikan karena kerusakannya masih kategori ringan, bukan tidak mungkin malah akan mengakibatkan kerusakan lebih berat. Hal ini membuat Anda harus mengeluarkan budget lebih besar untuk proses perbaikan.

Beragam gejala kerusakan yang umum ditangani oleh jasa service mesin cuci akan dibahas pada uraian berikut. Tapi, sebelum itu, pahami hal-hal mengenai alat elektronik ini terlebih dahulu, mulai dari waktu ideal masa pakai hingga berbagai kebiasaan penyebabnya mudah rusak.

Inilah Waktu Ideal Masa Pakai Mesin Cuci

Masa pakai mesin cuci memiliki waktu ideal, yakni 10 tahun. Tapi, akan lebih cepat mengalami kerusakan dan akhirnya mencari jasa service mesin cuci apartemen untuk memperbaikinya bila memiliki kebiasaan penggunaan yang salah.

Atau kebiasaan pemeliharaan perangkat tidak tepat. Untuk itulah sangat penting setelah membeli alat elektronik satu ini memahami dengan baik terlebih dahulu cara pakainya. Cermati juga hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menggunakan alat elektronik ini.

Sebab, masih banyak pengguna yang mengabaikan kebiasaan memahami cara pakai alat sebelum digunakan. Padahal dampaknya bisa signifikan terhadap keawetan produk. Selain itu, juga banyak yang tidak menyadari ada beberapa kebiasaan penyebab alat ini cepat rusak.

Berbagai Kebiasaan yang Mengakibatkan Mesin Cuci Cepat Rusak Jarang Disadari

Banyak orang tentu tidak ingin terlalu sering menggunakan jasa service mesin cuci apartemen. Artinya, menginginkan mesin cucinya awet, jarang dilakukan perbaikan. Inilah berbagai kebiasaan yang jarang disadari menyebabkan alat ini cepat mengalami kerusakan:

  1. Terlalu Banyak Memasukkan Pakaian

Kebiasaan pertama, terlalu banyak memasukkan pakaian ke dalam perangkat alias overload. Penting dipahami bahwa setiap alat elektronik mempunyai kapasitas daya tampung maksimal pakaian dalam satu kali siklus pencucian.

Bila mesin dipaksa untuk melakukan proses pencucian melebihi kapasitas maksimal tersebut, akan membuatnya menjadi bekerja lebih keras. Dampaknya terjadi ketidakseimbangan. Selain itu, cucian juga tidak bersih secara merata karena terlalu padat.

  1. Terlalu Banyak Penggunaan Deterjen

Kebiasaan yang keliru berikutnya adalah terlalu banyak memakai detergen. Banyak orang berpikir pemakaian detergen dalam jumlah banyak akan membuat pakaian menjadi lebih bersih. Padahal kebiasaan ini akan menyebabkan busa yang dihasilkan lebih banyak.

Tandanya, perangkat akan beroperasi dalam waktu lebih lama untuk menghilangkan sisa sabun tersebut. Overwork akan membuatnya cepat rusak, sehingga Anda harus menggunakan jasa service mesin cuci apartemen.

  1. Jarang Membersihkannya

Jarang membersihkan mesin cuci pada bagian tabung, tempat detergen, pintu hingga filter kotoran akan menimbulkan penumpukan kotoran. Akibatnya, kinerja alat ini akan menurun drastis. Jadi, bersihkan secara rutin, minimal dua hingga tiga minggu sekali.

  1. Salah Menempatkannya

Penyebab kerusakan lainnya yaitu penempatan alat ini kurang tepat. Sebagai contoh, Anda meletakkan pada lantai yang posisinya tidak rata, sehingga mengakibatkan pergerakan mesin lebih cepat atau berhenti beroperasi.

  1. Tidak Terbiasa Mengecek Isi Saku Pakaian atau Kantong Celana

Sangat penting membiasakan mengecek isi saku pakaian atau kantong celana yang akan Anda cuci sebelum dimasukkan dalam mesin. Sebab, bila tidak, ada kemungkinan di dalamnya terdapat jenis benda yang tidak boleh masuk, seperti kunci atau koin.

Jenis barang tersebut dapat menggores bahkan merusak bagian dalam tabung yang menyebabkan usia pakai lebih pendek dan kinerjanya menurun. Bila kinerjanya semakin menurun, mau tidak mau Anda harus mencari jasa service mesin cuci apartemen.

  1. Sering Mencuci Pakaian dengan Bahan Plastik atau Karet

Kebiasaan terakhir yang jarang disadari adalah sering mencuci pakaian berbahan plastik atau karet. Penting dipahami bahwa kedua material ini tidak boleh masuk dalam mesin cuci karena uap pengering bisa membuatnya melelah.

Berbagai Gejala Kerusakan yang Umum Ditangani Jasa Service Mesin Cuci Apartemen

Penghuni apartemen yang memiliki mesin cuci tentu akan menemukan berbagai gejala kerusakan saat menggunakan alat elektronik ini. Inilah yang membuat mereka akhirnya mencari jasa service. Ada berbagai gejala kerusakan umum ditangani, diantaranya:

  1. Mengeluarkan Suara Berisik

Gejala kerusakan pertama, perangkat mengeluarkan suara berisik. Dengan kondisi seperti ini, jasa service mesin cuci apartemen akan mengecek penyebabnya. Berbagai penyebabnya bisa karena filter tersumbat atau posisi dudukan tidak rata.

Bisa juga karena terdapat komponen mengalami aus, sehingga perlu diganti yang baru. Sebelum mengalami kerusakan total, sebaiknya segera lakukan pengecekan dan perbaikan dengan bantuan jasa service profesional.

  1. Putaran Mesin Lambat

Gejala kerusakan selanjutnya adalah putaran mesin lambat dibandingkan biasanya. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya kerusakan pada bagian kapasitor bank. Komponen satu ini berbentuk tabung silinder dan berfungsi mempercepat putaran mesin.

Percepatannya menyesuaikan dengan frekuensi antara kapasitor dengan konduktor. Ketika kondisi seperti ini terjadi, jasa service mesin cuci apartemen akan mengecek untuk memastikan, bila benar kapasitor bank yang menjadi penyebabnya, barulah diperbaiki.

  1. Bocor

Terjadinya kebocoran diakibatkan oleh penyumbatan pada bagian tabung. Atau bisa juga karena posisi tabung miring. Bila Anda menemukan kebocoran berupa genangan air di area sekitar perangkat, segera periksakan kepada ahlinya supaya segera diatasi.

Mengenai kebocoran ini bisa terjadi karena busa detergen yang ada di dalam tabung jumlahnya berlebih. Penyebab lainnya muatan pakaian overload atau selang pembuangan belum terpasang dengan tepat.

  1. Mati Total

Gejala kerusakan yang biasanya diatasi oleh jasa service mesin cuci apartemen adalah kondisi alat mati total. Tapi, sebelum mencari tahu penyebab utamanya, pastikan bahwa Anda sudah memeriksa kabel listrik sudah tersambung dengan baik.

Bila sambungan listrik sudah tepat tapi perangkat tetap tidak menyala, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah power supply menuju dinamo terputus. Ketika ternyata penyebabnya seperti ini, berarti power supply harus diganti.

  1. Tidak dapat Melakukan Pembuangan Air

Gejala kerusakan terakhir yaitu tidak dapat melakukan pembuangan air. Hal ini bisa terjadi bila selang pembuangan mengalami penyumbatan yang mengakibatkan aliran air terhambat. Salah satu penyebab dari situasi ini yaitu adanya tumpukan kotoran.

Penyebab lainnya, ada permasalahan pada filter pompa. Bisa juga diakibatkan oleh benda kecil penyumbat filter yang mengganggu kinerja dari perangkat tersebut, sehingga perlu diperiksa terlebih dahulu akar permasalahannya.

Alasan Mengapa Harus Memilih Jasa Service Mesin Cuci Profesional

Ketika menemukan berbagai gejala kerusakan tersebut atau mungkin lainnya, berarti Anda memerlukan jasa service mesin cuci apartemen profesional. Alasan mengapa harus benar-benar mencari yang profesional adalah supaya eksekusi perbaikannya tepat sasaran.

Bila yang mengerjakannya adalah teknisi abal-abal, kemungkinan besar perangkat Anda malah semakin rusak. Bagian yang tidak seharusnya diperbaiki menjadi terpaksa diservice karena kesalahan dari teknisi abal-abal.

Ketika situasi seperti ini terjadi, yang akan dirugikan adalah pemiliknya. Sebab, harus mengeluarkan budget lebih besar untuk perbaikan. Padahal bisa saja sebenarnya permasalahannya ringan, tapi menjadi berat karena human error.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa service mesin cuci untuk kebutuhan di apartemen dengan harga terjangkau tapi berkualitas, segera hubungi. Jasa Service Mesin Cuci Dewi Tehnik, konsultasikan permasalahan Anda kepada jasa service mesin cuci apartemen ini untuk mendapatkan solusi terbaik.

HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA :

Contact Person :

DICKY AGUS TIADI

NPWP : 72.920.161.6-72.000

Telp / SMS : 081367000871

WhatsApp : 081367000871

1bulan