service mesin cuci

service mesin cuci

Service Mesin Cuci Rusun / Rumah Susun, memiliki peran sangat penting untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Bagaimanapun juga penggunaan perangkat elektronik, termasuk mesin cuci tidak akan selamanya lancar.

Seiring dengan lamanya pemakaian, alat elektronik ini pasti akan mengalami kerusakan. Mengenai kapan waktu mengalami kerusakan tidak bisa di prediksi. Semakin dirawat dengan baik, akan semakin lambat mengalami kerusakan.

Pertanyaannya, kapan jasa service mesin cuci untuk rusun diperlukan? Menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menyimak pembahasan berikut. Tapi, sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu mengenai langkah sederhana untuk memastikan mesin cuci rusak atau tidak.

Inilah Beberapa Langkah Sederhana untuk Memastikan Mesin Cuci Rusak atau Tidak

Sebelum datang ke jasa service mesin cuci rumah susun, tidak ada salahnya untuk memastikan kerusakannya secara mandiri dengan beberapa langkah berikut. Metode ini bisa diterapkan bagi Anda yang tidak takut untuk mencoba. Bila masih ragu, sebaiknya langsung hubungi jasa service saja.

  1. Memeriksa Bagian Luarnya

Langkah pertama, periksa bagian luar perangkat. Biasanya kerusakan terjadi diakibatkan oleh hal-hal sederhana tapi jarang disadari. Salah satu contohnya, ketika didapati perangkat tidak menyala, Anda bisa mencoba untuk memeriksa kabelnya.

Apakah sudah terpasang dan terhubung dengan baik atau belum. Perhatikan dengan seksama kondisi kabel pada bagian belakang mesin apakah ada yang terbuka atau terputus.

Selain kabel, bagian yang perlu diperiksa adalah katup sumber air, kondisi selang tidak terlilit atau tertekuk. Pada intinya, bagian luar yang dimaksud dalam hal ini mencakup keseluruhan, sehingga perlu benar-benar diperhatikan.

  1. Membersihkan Mesin Cuci

Langkah sederhana berikutnya yang bisa dilakukan sebelum memanggil jasa service mesin cuci rumah susun yaitu membersihkan perangkat. Barangkali ada kotoran penyumbat yang menyebabkan terkendalanya pengoperasian.

Untuk membersihkannya, bisa dilakukan pada bagian pintu serta tabung. Jangan biarkan sabun cuci mengendap karena bisa menyebabkan pakaian tidak terbilas maksimal. Biarkan tabung mengering alami sesudah dipakai mencuci untuk mencegah jamur.

  1. Mengganti Suku Cadang

Langkah terakhir yang bisa dilakukan yaitu mengganti suku cadang, bila kedua tahap di atas tidak berhasil. Tapi, sangat penting diperhatikan bahwa pengantian suku cadang tidak bisa sembarangan.

Bila memang tidak yakin untuk memasangnya sendiri, sebaiknya gunakan jasa service mesin cuci rumah susun. Jangan mengambil risiko terlalu besar karena bisa menimbulkan kerugian bila ternyata tidak berhasil diatasi secara mandiri.

Apalagi bila Anda masih ragu penyebab pasti kerusakan yang terjadi pada mesin cuci. Ada banyak komponen yang terdapat pada alat elektronik satu ini, di mana masing-masing memiliki cara bongkar berbeda.

Bila tidak ada basic pengetahuan sama sekali mengenai perangkat ini, terlalu berisiko bila harus mengganti suku cadang secara mandiri. Tapi memang saat Anda memutuskan menggunakan jasa service berarti harus menyiapkan budget lebih.

Cara Melakukan Servis Mesin Cuci Secara Mandiri Ketika Terjadi Kebocoran air

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi saat menggunakan mesin cuci untuk kebutuhan rusun yaitu mengalami kebocoran air. Anda bisa melakukan service mesin cuci rumah susun secara mandiri saat mengalami kondisi ini dengan beberapa langkah berikut”

  1. Langkah pertama, periksa bagian seal atau karet pada lubang pembuangan. Bila karet terganjal kotoran akan membuatnya tidak bisa menutup rapat. Jadi, ketika ternyata ditemukan ada kotoran atau benda pengganggu pada lubang pembuangan, segera ambil.
  2. Bila poin pertama ternyata tidak ditemukan, Anda bisa mencoba untuk memeriksa bagian tombol pengaturan apakah sudah sesuai program pencucian, pembilasan serta pengeringan atau belum.
  3. Langkah terakhir, cermati karet yang ada di sekitar bibir pintu tabung perangkat. Bila kondisi karet ternyata sudah rusak atau longgar, sebaiknya segera diganti saja.

Kapan Jasa Service Mesin Cuci Rumah Susun Diperlukan?

Pertanyaannya, kapan jasa service mesin cuci rumah susun diperlukan? Jawabannya yaitu ketika alat elektronik ini sudah mengalami kerusakan kategori parah. Sebenarnya, Anda akan memerlukan jasa ini walaupun kondisi kerusakannya ringan.

Tepatnya saat tidak bisa memperbaikinya secara mandiri. Atau dengan alasan tidak ingin mengambil risiko karena dikhawatirkan proses perbaikan secara mandiri yang dilakukan gagal dan malah semakin memperburuk keadaan.

Ketika kondisinya semakin buruk, secara otomatis membuat Anda harus menyiapkan budget lebih. Belum lagi bila ternyata harus mengganti beberapa komponen spare part yang harganya tidak selalu murah.

Jadi, untuk mengantisipasi membengkaknya pengeluaran, sebaiknya jangan mencoba-coba membongkar secara sembarangan tanpa ada panduan. Daripada nantinya gagal malah yang ada penyesalan dan kerugian.

Berbagai Cara Merawat Mesin Cuci Supaya Lebih Awet

Supaya lebih jarang menggunakan jasa service mesin cuci rumah susun, Anda perlu memahami cara merawatnya. Dengan memahami, lalu menerapkan cara perawatan, akan membuat mesin cuci menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Berbagai caranya antara lain:

  1. Bersihkan Secara Menyeluruh

Cara pertama, bersihkan perangkat secara menyeluruh. Tidak bisa dipungkiri bahwa membersihkan alat elektronik satu ini kerap diabaikan. Bila jarang dibersihkan, akan menimbulkan pengendapan residu pada sisi-sisi perangkat.

Untuk proses pembersihannya bisa memakai lap microfiber atau sikat lembut. Jangan menggunakan jenis alat pembersih yang kasar karena malah bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat.

  1. Pakai Deterjen Secukupnya

Salah satu penyebab kerusakan yang membuat Anda memerlukan jasa service mesin cuci rumah susun yaitu penggunaan detergen secara berlebihan. Sebaiknya pakai detergen dengan takaran secukupnya atau sesuai aturan yang sudah ditentukan.

Penting dipahami terdapat dua varian mesin cuci yang kerap ditemukan, yaitu bukaan atas dan bukaan depan. Kedua produk ini mempunyai spesifikasi berbeda, termasuk dalam hal penggunaan detergen.

Biasanya untuk jenis bukaan depan memerlukan air dengan takaran lebih sedikit. Sedangkan jenis bukaan atas memerlukan kapasitas air lebih banyak. Mengenai pemakaian detergen, varian bukaan atas sebaiknya tidak memakai detergen umum.

Sebab, bisa meninggalkan banyak residu serta busa, sehingga disarankan menggunakan detergen khusus. Untuk jenis bukaan depan, lebih bisa mentoleransi pemakaian detergen umum. Walaupun demikian, tetap disarankan memilih detergen high efficiency.

  1. Pakai Sesuai Kapasitasnya

Cara merawat selanjutnya yaitu pakai perangkat sesuai kapasitas, jangan memaksanya bekerja berat. Bila mengabaikan hal penting ini, berarti harus bersiap-siap menggunakan jasa service mesin cuci rumah susun karena berpotensi besar perangkat cepat rusak.

  1. Rutin Bersihkan Bagian Filter

Jangan lupa rutin membersihkan bagian filter dalam kurun waktu setiap minggu. Apa yang terjadi bila filter sudah penuh dan tidak bisa menampung kotoran lagi? Kotoran mengendap terlalu lama bisa mengenai pakaian yang baru saja dicuci.

  1. Cabut Kabel Sesudah Pemakaian

Cara perawatan terakhir yaitu cabut kabel setelah selesai pemakaian. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik. Pastikan juga peletakan perangkat tidak di area yang lembab, terlalu panas atau rawan terkena hujan.

Selain segera mencabut kabel setelah dipakai, mencegah peletakan perangkat pada beberapa area tersebut bisa meminimalisir terjadinya kerusakan mesin atau korsleting. Jangan abaikan metode satu ini bila tidak ingin hal-hal membahayakan terjadi.

Apakah Anda sedang mencari jasa service mesin cuci untuk kebutuhan rumah susun terpercaya tapi menghemat budget? Hubungi saja. Jasa Service Mesin Cuci Dewi Tehnik, untuk mendapatkannya. Segera konsultasikan permasalahan service mesin cuci rumah susun yang Anda alami melalui jasa ini.

 

HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA :

Contact Person :

DICKY AGUS TIADI

NPWP : 72.920.161.6-72.000

Telp / SMS : 081367000871

WhatsApp : 081367000871

1bulan